• Indonesia


Support +62-31-5922403 / 5926359  is offline

Fakultas Teknik

Fakultas Teknik di UWIKA menawarkan beberapa program studi diantaranya Teknik Informatika (S1), Teknik Arsitektur (S1), Teknik Elektro (S1), dan Teknik Sipil (S1).

 

PROGRAM STUDI ARSITEKTUR KONSENTRASI DESAIN ARSITEKTUR BERBASIS TI S1

Program studi S1 Arsitektur bidang keahlian perancangan arsitektur berbasis komputer merupakan perpaduan antara seni dan teknik bangunan yang menekankan pada kemapuan medesain obyek bangunan dengan peralatan multimedia, penyajian gambar animasi serta desain interior.

Lama Studi : 4 Tahun, 144 SKS

Visi Prodi Arsitektur
Visi Program Studi Arsitektur UWIKA adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi Indonesia dalam bidang aristektur yang professional, berwawasan bisnis dan entrepreneurship serta  berperan dalam menjadikan masyarakat dan bangsa Indonesia  lebih sejahtera dan mandiri.

Misi Prodi Arsitektur
Menghasilkan lulusan yang memiliki landasan ilmu pengetahuan arsitektur yang berkonsentrasi pada disain arsitektur berbasis komputer serta mempunyai kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi untuk menunjang profesionalisme lulusan serta memiliki jiwa entrepreneurship dan berkepribadian positif.

Mengembangkan hubungan kemitraan bidang arsitektur secara berkelanjutan yang saling bermanfaat dengan berbagai pihak yang bersifat universal.

Melaksanakan Tri Dharma PT melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat khususnya di bidang teknik arsitektur serta bidang ilmu pengetahuan pada umumnya.

Menghasilkan lulusan yang memiliki  Kompetensi dan ketrampilan dalam pemecahan masalah arsitektural dan mampu mengaplikasikannya dalam produk desain arsitektur dengan support perangkat IT (software untuk bidang arsitektur)

Kompetensi lulusan
Lulusan Arsitektur bidang keahlian desain arsitektur berbasis teknologi informasi berpeluang bekerja di berbagai perusahaan / instansi baik pemerintah maupun swasta sebagai Konsultan, Kontraktor, Tenaga trampil bidang desain interior, landscape, jasa konstruksi dan real estate.

Dokumen
Kurikulum Arsitektur Konsentrasi Perancangan Arsitektur Berbasis TI


PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO KONSENTRASI TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN (S1)

Visi Prodi Teknik elektro
Visi Program Studi Teknik Elektro UWIKA adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi Indonesia yang tekemuka dalam bidang teknik elektro yang professional, berwawasan bisnis dan entrepreneurship serta  berperan dalam menjadikan masyarakat dan bangsa Indonesia  lebih sejahtera dan mandiri.

Misi Prodi Teknik Elektro
Menghasilkan lulusan yang memiliki landasan ilmu pengetahuan teknik elektro yang berkonsentrasi pada jaringan komputer serta mempunyai kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi untuk menunjang profesionalisme lulusan serta memiliki jiwa entrepreneurship dan berkepribadian positif.

Mengembangkan hubungan kemitraan bidang teknik elektro secara berkelanjutan yang saling bermanfaat dengan berbagai pihak yang bersifat universal.

Melaksanakan Tri Dharma PT melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat khususnya di bidang teknik elektro dan jaringan computer serta bidang ilmu pengetahuan pada umumnya.

Menghasilkan lulusan yang mampu Mendesain, Membangun, dan Troubleshooting Jaringan Komputer (LAN, WAN), Pengabelan, setting konfigurasi router setting service pada server, maintenance, troubleshooting jaringan komputer  dsb.

Kompetensi lulusan
Kompetensi lulusan prodi ini akan mampu menerapkan dan mengembangkan produk teknologi informasi dan membangun sistem informasi berbasis jaringan serta mengelola pusat komputasi. Prospek lulusan prodi berpeluang bekerja diberbagai industri manufaktur dan jasa sebagai manajer TI, administrator jaringan, spesialis hardware & jaringan, web master dan tenaga edukatif.

Dokumen
Kurikulum Teknik Elektro Konsentrasi Jaringan Komputer


PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

Teknik Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari teknologi komputer dan penerapannya di dunia industri. Pada Teknik Informatika, mahasiswa selain diajarkan mengenai konsep Teknologi Informasi juga diajarkan mengenai penerapannya pada dunia industri. Hal ini sejalan dengan visi dari Universitas Widya Kartika, yaitu menjadi perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang berwawasan bisnis dan entrepreneurship.

Kurikulum
Konten kurikulum disesuaikan dengan perkembangan Teknologi Informasi terkini. Mata kuliah yang ditawarkan mencakup antara lain: Algoritma dan Pemrograman, Sistem Informasi, Jaringan Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Aplikasi Bisnis, Simulasi Komputer, Pengembangan Aplikasi Berbasis Web, Jaringan Wireless, e-Commerce, Manajemen Proyek Sistem Informasi, Game Design, Aplikasi Mobile dan lain sebagainya. Mahasiswa diwajibkan menerapkan kompetensi yang didapatkan selama kuliah melalui Praktek Kerja Lapangan dan KKU.

Lama Studi : 4 Tahun, 144 SKS.

Prospek Lulusan
Lulusan Program Studi Teknik Informatika jenjang strata 1 (S1) ini memiliki kesempatan untuk berkarir diberbagai bidang, antara lain:

  • Pengusaha TI
  • Manajer TI
  • Sistem Analis
  • Programmer
  • Database Administrator (DBA)
  • Web Master
  • Network Specialist
  • Konsultan TI

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Prodi Teknik Informatika bisa melihat di mengunjungi situs Prodi Teknik Informatika yang beralamatkan di http://informatika.widyakartika.ac.id

SIPIL

Prospek Lulusan
Lulusan Teknik Sipil dapat bekerja diberbagai perusahaan baik instansi pemerintah maupun swasta sebagai konsultan, kontraktor, developer, tenaga pengajar, tenaga riset,, PNS-Dinas PU, Bina Marga, Cipta Karya, dsb. Lulusan Teknik Sipil juga mempunyai kemampuan bersaing untuk berbagai bidang non-keteknikan, seperti perbankan, asuransi, dll.

Kompetensi Utama

  • Struktur
    Mampu merencanakan, mengawasi, melaksanakan pekerjaan bangunan gedung dan jembatan
  • Transportasi
    Mampu merencanakan, mengawasi, melaksanakan pekerjaan jalan raya, bandara dan pelabuhan
  • Manajemen KonstruksiManajemen Konstruksi
    Mampu merencanakan, mengawasi, melaksanakan pekerjaan konstruksi dengan mengedepankan unsur-unsur ekonomi dan teknologi.

Kompetensi Pendukung

  • Mampu merencanakan, mengawasi, melaksanakan pekerjaan pondasi dan penyelidikan tanah
  • Mampu merencanakan sistem transportasi serta Prasarana dan Pengendalian Lalulintas perkotaan.
  • Mampu melakukan perhitungan dasar-dasar kelayakan investasi sarana prasarana bidang teknik sipil.
  • Mampu menyelesaikan studi kasus atau melakukan penelitian terapan dibidang Teknik Sipil.
  • Mampu merencanakan, melaksanaan dan mengawasi konstruksi bangunan keairan dan merancang konservasi sumber daya air

 

Artikel Terkini

Switch to our mobile site