• Indonesia


Support +62-31-5922403 / 5926359  is offline

Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi Universitas Widya Kartika dibagi menjadi beberapa program studi yaitu Manajemen (S1), International Business Program(S1) , Akuntansi (S1) dan Komputerisasi Akuntansi (D3), selain sebagai pakar ekonomi anda juga diasah untuk menjadi seorang enterpreneur sejati.

PROGRAM STUDI AKUNTANSI (S1)

Visi Program Studi Akuntansi
Menjadi program studi yang unggul dan mampu menghasilkan sarjana akuntansi yang berjiwa entrepreneur dan berkompeten di bidang akuntansi.

Misi Program Stusi Akuntansi
1.Menyelenggarakan  proses belajar mengajar yang berkualitas dan unggul dalam bidang akuntansi bisnis dan menghasilkan lulusan yang trampil dan berjiwa entrepreneur.

2. Menciptakan suasana akademik yang kondusif dan mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang akuntansi bisnis dan tanggap terhadap perubahan ekonomi dan  mampu beradaptasi dengan tehnologi system akuntansi modern.

Tujuan Program Studi Akuntansi
Menyelenggarakan  proses belajar mengajar studi akuntansi, untuk menghasilkan sarjana  ekonomi di bidang akuntansi yang memenuhi  persyaratan untuk bekerja di bidang akuntansi sebagai akuntan intern maupun  akuntan extern dan memiliki pengetahuan di bidang akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, pemeriksaan akuntansi,perpajakan dan pengetahuan lainnya yang mendukung

Prospek Lulusan
Lulusan program studi Akuntansi memiliki kesempatan untuk berkarier di instansi swasta (perdagangan, jasa, manufaktur) di instansi pemerintah (BUMN, perbankan, perpajakan), di kantor akuntan public dan sebagai konsultan di bidang akuntansi, perpajakan dan analisis system usaha.
Lama studi : 4 tahun, 144 SKS

Kompetensi Lulusan:

  1. Kemampuan Berbahasa Asing ( Inggris dan Mandarin )
  2. Kemampuan menggunakan IT
  3. Kemampuan Menyusun dan Analisa Laporan Keuangan
  4. Kemampuan  melaksanakan Pengauditan Manajemen ( Akuntansi)

Dokumen Program Studi Akuntansi

 

 

PROGRAM STUDI MANAJEMEN (S1)

Visi Program Studi Manajemen
Menjadi Program studi yang mampu mewujukan sarjana yang mempunyai semangat entrepreneur yang trampil, berani dan gigih dengan menjunjung kesederhanaan, integritas,leadership, profesionalisme,inovasi dan kepedulian.

Misi Program Studi Manajemen

  1. Mengembangkan kurikulum yang memadukan teori dan praktik dalam simulasi bisnis, sehingga meningkatkan ketrampilan pengambilan keputusan.
  2. Melaksanakan aktivitas yang mengasah keberanian mencoba berusaha  dalam mata kuliah yang terkait dengan entrepreneur.
  3. Menciptakan iklim atau suasana belajar mengajar yang menyenangkan, penuh inspirasi bagi mahasiswa.
  4. Melaksanakan penelitian bisnis untuk memberikan sumbangan pada pengembangan entrepreneurship di  Indonesia.

Tujuan Program Studi Manajemen

  1. Lulusan memiliki kemampuan berpikir logis, kritis dan kreatif.
  2. Lulusan memiliki keahlian dalam ilmu dan mampu mengaplikasikan dalam pemecahan masalah bisnis.
  3. Lulusan memiliki rasa tanggung jawab dan kejujuran dalam berkarya di masyarakat.
  4. Lulusan memiliki kemampuan menerima dan beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi

Konsentrasi & Kurikulum
Seiring dengan perkembangan dan kecenderungan kebutuhan dunia usaha akan tenaga-tenaga muda yang trampil dan berorientasi pada jiwa entrepreneurship, maka program studi manajemen jenjang S1 menyediakan 2 konsentrasi studi yaitu Konsentrasi Keuangan dan Konsentrasi Pemasaran-Ritel.

Program studi manajemen juga menyediakan Program Manajemen Bisnis yang khusus diperuntukkan bagi entrepreneur muda ataupun pekerja yang bercita-cita menjadi entrepreneur dengan waktu perkuliahan sore hingga malam hari sehingga tidak mengganggu aktivitas.

Kurikulum kedua konsentrasi ini dirancang untuk mencetak lulusan yang memiliki :

  • Keberanian untuk mengambil peluang baru dalam dunia bisnis sehingga dapat   membuka lapangan pekerjaan baru.
  • Keterampilan dan pengetahuan dalam prinsip-prinsip pengambilan keputusan manajerial yang efisien dan efektif
  • Kegigihan dan semangat pantang menyerah untuk membangun dan menjalankan bisnis dalam era global yang semakin bersaing ini.

Kurikulum secara umum dirancang untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar secara komprehensif. Semua mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dasar yang sama di semua konsentrasi sebagai basic subject. Dalam basic subject, mahasiswa akan mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal mereka, kepribadian, pengetahuan teknologi, kepemimpinan, agama, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia

Lulusan program studi Manajemen selain sebagai wirausaha, juga memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang luas dalam mengisi berbagai profesi seperti konsultan bisnis dan manajemen, manajemen tingkat menengah dalam bisnis pabrikan, jasa, rumah sakit, bank, pendidikan, dengan disertai kemampuan menguasai keterlibatan pemanfaatan teknologi informasi. Staf Ritel/Marketing dan Manajer Keuangan

Lama Studi : 4 Tahun, 144 SKS

Kompetensi Lulusan:

  1. Kemampuan Berbahasa Asing ( Inggris dan Mandarin )
  2. Kemampuan menggunakan IT
  3. Kemampuan Menyusun dan Analisa Laporan Keuangan
  4. Kemampuan  melaksanakan Pengauditan Manajemen

Dokumen Program Studi Manajemen

Informasi lebih lanjut klik http://manajemen.widyakartika.ac.id

 

 

PROGRAM STUDI KOMPUTERISASI AKUNTANSI (D3)

Program Diploma Komputerisasi Akuntansi menghasilkan Ahli Madya Komputer yang mampu dan berkompeten dalam penguasaan teknologi informasi dan pengetahuan akuntansi.

Program studi ini membekali lulusannya dengan akuntansi dan kewirausahaan, kemampuan merancang sistem informasi akuntansi, jaringan komputer serta ketrampilan dalam menggunakan software akuntansi berbasis LAN/Web sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja di berbagai perusahaan industri maupun jasa.

Visi Program Studi Komputerisasi Akuntansi
Menjadi program pendidikan vokasional terkemuka dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi bidang Komputerisasi Akuntansi di Indonesia pada tahun 2020.

Misi Program Studi Komputerisasi Akuntansi
Melaksanakan tridharma yang berkualitas untuk menghasilkan tenaga profesional yang handal dan mampu mengakomodasi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bidang Komputerisasi Akuntansi.

Sasaran Program Studi Komputerisasi Akuntansi
Lulusan memiliki kemampuan dalam mengelola data keuangan dan perpajakan menggunakan berbagai program aplikasi sistem komputerisasi akuntansi khususnya dalam bidang kesehatan, perbankan dan industri.

Tujuan Program Studi Komputerisasi Akuntansi
mengelola kegiatan akademik dalam bidang Komputerisasi Akuntansi secara efektif dan efisien;
menyelenggarakan kegiatan penelitian terapan dalam bidang Komputerisasi Akuntansi khususnya bidang kesehatan, perbankan dan industri;
melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan bidang Komputerisasi Akuntansi khususnya bidang kesehatan, perbankan dan industri.

Prosepek Lulusan:
Lulusan program D3 Komputerisasi Akuntansi berpeluang besar untuk mengisi dunia kerja sebagai staff Accounting/EDP, administrasi data base akuntansi, dan programmer atau analis sistem informasi akuntansi.

Lama Studi : 3 Tahun, Ahli Madya

 

 

INTERNATIONAL BUSINESS PROGRAM (S1)

Program International Business UWIKA, merupakan salah satu bentuk kepedulian UWIKA yang telah berkiprah selama lebih dari 25 tahun di dunia pendidikan, Program International Business, ini menggunakan full bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Program pendidikan didesain sedemikian rupa sehingga mampu mengakomodasi tuntutan lulusan yang berkualitas global dan memiliki dasar-dasar entrepreneurship yang bukan hanya secara lokal tetapi juga selaras dengan kecepatan perdagangan dunia

Konsentrasi Pengajaran

  • Marketing
  • International Trade and FInance
  • International Production
  • Human Performance Management

Keunggulan

  • Penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
  • Proses belajar mengajar dengan bimbingan para praktisi yang berpengalaman di tingkat managerial
  • Kemampuan analisa dan tuntutan untuk selalu kritis
  • Memiliki ISO sebagai standart International

Lama Studi : 4 Tahun, 144 SKS

Tim Pengajar
Pengajar adalah para profesional dan praktisi yang telah menempati posisi dan jabatan manajerial di perusahaan dan memiliki latar belakang pendidikan internasional (overseas qualification) yang telah menyelesaikan pendidikan mereka di luar negeri (University of Tulsa, Oklahoma | Techniche Universiteit Eindhoven, Belanda | Twente Universiteit, Belanda | Delft Universiteit, Belanda | Herfordshire University, United Kingdom | Indiana University, USA | Victoria University of Tech, Australia, dll).

Catatan: Perkuliahan diadakan pada Sore hari

informasi lebih lanjut klik : http://widyakartika.ac.id/WEB-IBS/

Artikel Terkini

Switch to our mobile site