• Indonesia


Support +62-31-5922403 / 5926359
Berita & Agenda : Thursday, 12 March 2020 | 64 Views |

Ini Yang Membuat Lulusan Uwika ‘Terlihat’ Saat Bersaing di Dunia Kerja

DSC_0002

Sertifikasi Kompetensi keahlian adalah suatu proses yang menghasilkan sertifikat keahlian yang menunjukan seseorang telah memenuhi persyaratan kompetensi berdasarkan disiplin keilmuan, kefungsian, atau keahlian tertentu. Pentingnya akan sertifikasi keahlian ini perlu diketahui oleh seluruh mahasiswa. Oleh karena itu Universitas Widya Kartika memberikan pengenalan dan pembekalan berupa sertifikasi keahlian atau profesi kepada Mahasiswa untuk mempersiapkan kemampuan Mahasiswa di dunia kerja kelak.

Pada tanggal 10 hingga 11 Maret 2020, bertempat di Universitas Widya Kartika telah dilakukan Uji Kompetensi bertajuk “Expor Impor Internasional” . Peserta peningkatan soft skill yang bekerjasama dengan Adhiguna Consultant Management ini adalah para mahasiswa dari prodi Manajemen dan Sastra Inggris. Kepala Prodi Managemen Bapak Martinus Rukismono, S.E., M.M mengungkapkan bahwa manfaat yang akan didapatkan atas sertifikasi ini yaitu Mahasiswa mampu menjadi asisten pelaksana ekspor-impor di pelabuhan yang sebenarnya jarang di lirik oleh mahasiswa namun sebenarnya memiliki peluang yang sangat besar apalagi dengan adanya tol laut, oleh sebab itu diadakan pembekalan.

Secara keseluruhan, Statistik yang dipaparkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di website resmi https://www.bps.go.id/, menunjukan Kegiatan perdagangan pasar luar negeri ekspor-Impor Indonesia terus berkembang. Oleh sebab itu kesempatan untuk membidik pasar luar negeri diperlukan kemampuan pemahaman tentang bisnis internasional. Karakteristik pasar yang beda dengan pasar lokal diperlukan suatu kompetensi dalam bidang International Trade.

Tujuan Pelatihan expor-impor dan perdagangan internasional bagi Mahasiswa ini diantaranya untuk;

  • Memahami peraturan kepabeanan expor dan impor
  • Memahami penentuan sarana transportasi keluar negeri
  • Memahami biaya-biaya yang timbul dan aktifitas dipelabuhan
  • Memahami tentang asuransi terhadap cargo expor-impor
  • Memahami prosedur pengiriman barang, Pembayaran luar negeri dan Letter of Credit (LC) Analisis UCP 600, Prosedur Kepabeanan Export dan Import hingga Shipping & International Freight Forwarding.

Dengan memperoleh sertifikasi kompetensi, Mahasiswa dapat memperoleh pengakuan dan penyesuaian renumerasi, peningkatan kepercayaan diri dan prospek karir yang baik. “Mahasiswa yang memiliki bekal sertifikasi nantinya memiliki kesempatan karir yang lebih besar, kredibilitas dan kepercayaan diri meningkat, berdaya saing tinggi, lebih terampil dan termotivasi untuk bersaing” tutur Bapak Kholiq Yakin salah satu Asesor/Penguji. Tidak hanya Prodi Management dan Bahasa Inggris, Universtas Widya Kartika pun memiliki beberapa kerja sama terkait sertifiksi keahlian atau profesi untuk semua prodi di Universitas Widya Kartika sehingga akan menghasilkan lulusan yang kompeten dibidangnya.

 

Switch to our mobile site