Berita & Agenda : Saturday, 16 May 2020 | 166 Views |

MAMI Info : Kreativitas Mahasiswa Teknik Informatika Semester 2 di Masa BDR

“Mendahului Pelajaran di Kelas, Mahasiswa Semester 2 Teknik Informatika Ini Sudah Berhasil Bikin Aplikasi Duluan”

Semenjak kebijakan untuk belajar dan bekerja di rumah, tak bisa dipungkiri tentu banyak tantangan belajar yang harus dihadapi oleh mahasiswa maupun dosen. Prodi Teknik Informatika (12/05) kemarin melakukan pembelajaran teori dan presentasi kelompok materi “Queue” via daring. Memang pada jenjang awal (semester 1&2) Mahasiswa Teknik Informatika banyak mempelajari teori dasar, namun rasa keingintahuan adalah permulaan dari kreativitas. Tiga mahasiswa ini ternyata sudah membuat aplikasi dengan mempraktekan teori secara otodidak dan mengembangkannya menjadi sebuah karya. Bahkan mereka sudah pede untuk mengkomersialkan karya mereka keluar. Berikut 3 aplikasi karya para mahasiswa semester 2 Teknik Informatika :

 

  1. TIC TAC TOE

Tic-tac-toe yang umum di kenal adalah permainan kertas dan pensil untuk dua pemain. X dan O bergiliran menandai ruang dalam grid 3 × 3, Pemain yang berhasil menempatkan tiga tanda mereka di baris horisontal, vertikal, atau diagonal memenangkan pertandingan. Christian Antonio, berhasil membuat TIC TAC TOE berbasis aplikasi yang dapat dimainkan di personal computer dengan melibatkan dua pemain.

 

  1. PERSAMAAN 3 VARIABEL

Dalam ilmu arsitektur, terdapat perhitungan matematika untuk mendirikan bangunan, salah satunya adalah sistem persamaan linear. Sistem persamaan linear bermanfaat untuk menentukan koordinat titik potong. Koordinat yang tepat sangat penting untuk menghasilkan bangunan yang sesuai dengan sketsa. Nah, aplikasi ini membantu untuk menyelesaikan hitungan Sistem persamaan linear tiga variabel yang terdiri dari beberapa buah persamaan linear. Perancang aplikasi ini adalah Chrisna Noviandi.

 

  1. AUTO SERTIF

Aplikasi ini adalah aplikasi otomatisasi penempatan nama dan pengiriman email berbasis server SMTP. Dengan menguunakan aplikasi ini, tidak perlu repot-repot menempatkan nama di sertifikat satu-persatu kemudian mengirimkannya kepada peserta satu persatu. Semua proses ini akan dilakukan otomatis oleh sistem AUTOSERTIF. Aplikasi ini dibuat dan dikomersialkan oleh Christian Alexander.

 

Triple C : Christian Antonio – Chrisna Noviandi – Christian Alexander, tiga sekawan satu kelas di semester 2 berani menyalurkan ide kreatif mereka menjadi sebuah aplikasi yang menarik.

Kini bukan zamannya lagi para mahasiswa hanya mengerjakan tugas-tugas dari dosen atau hanya mengikuti pelajaran dikelas. Mereka yang mampu bersaing di dunia profesional kerja adalah pribadi-pribadi yang sadar untuk mengembangkan bakat pada diri mereka secara terus-menerus diluar jam perkuliahan. Bagi mereka bertiga, masa pandemi bukanlah penghalang untuk terus mengembangkan diri. Salut dengan mereka!

 

Artikel Terkini

Buat Yang Suka Main Game, Ini Dia Jurusan Yang Cocok Buat Kamu!

Buat Yang Suka Main Game, Ini Dia Jurusan Yang Cocok Buat Kamu!

Wednesday, 16 September 2020

Lensa Kartika – Edisi 45

Wednesday, 16 September 2020

Lensa Kartika – Edisi 44

Wednesday, 16 September 2020

Switch to our mobile site