Berita & Agenda : Saturday, 2 May 2020 | 57 Views |

‘Jutsu’ di Teknik Informatika

Skill Utama yang Harus Dimiliki Mahasiswa Teknik Informatika oleh Bapak Indra Budi Trisno, S.T., M.Kom.

IMG-20200502-WA0008

Sejalan dengan kemajuan teknologi global, beberapa tahun terakhir ini jurusan teknik informatika menjadi salah satu jurusan favorit banyak orang. Teknik informatika berhasil membuat banyak orang berlomba-lomba mempelajari ilmu tentang komputer dan bahasa pemrograman. Kalau kamu salah satu orang yang tertarik masuk jurusan ini ada baiknya kalau menyimak terlebih dahulu tentang apa saja skill dasar yang harus dimiliki. Biar nanti tidak kaget dan bisa mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Yuk simak 5 skill dasar yang harus dimiliki mahasiswa teknik informatika menurut dosen program studi Teknik Informatika Informatika, Indra Budi Trisno, S.T., M.Kom.

  1. Berpikir logika yang kuat

Dalam teknik informatika, kamu akan dihadapkan dengan berbagai bahasa pemrograman. Meskipun memiliki perbedaan dalam segi model dan penulisan namun sebenarnya semua bahasa pemrograman memiliki satu kunci utama yaitu, logika. Penguasaan logika atau pola pikir yang sistematis sangat dibutuhkan disini. Dengan berbekal kemampuan ini, dijamin kamu akan mudah mengerti dan mengikuti pelajaran yang ada.  Cara meningkatkan ketajaman berfikir secara logik bisa dengan memanfaatkan waktu luang seperti aktivitas di alam terbuka, belajarlah merajut, membuat bentuk dari tanah liat, hingga bermain game ketangkasan otak.

  1. Tingkat ketelitianmu yahud

Kamu punya logika yang kuat, apalagi kamu juga suka matematika. Kemungkinan besar kamu akan selamat sejahtera ketemu sama diskrit, statistik, kalkulus, aljabar, bahkan algoritma dibangku kuliah. Tapi, itu aja nggak cukup. Kuliah di teknik informatika itu berarti kamu bakal ketemu sama coding dan bahasa pemrograman juga, yang sama-sama memerlukan ketelitian ‘tingkat dewa’. Kamu pun harus jeli dengan setiap huruf dan tanda baca agar program yang kamu bikin agar bisa benar-benar dijalankan.

 

  1. Udah akrab sama bahasa pemrograman

Generasi milenial seperti kamu sejak dari kecil memang sudah cukup ahli dengan gawai, jadi bukan hal yang mengherankan jika kemudian kamu memiliki ketertarikan terhadap dunia informatika. Jika kamu tertarik untuk menjadi mahasiswa informatika, cobalah untuk mengenal bahasa pemrograman itu apa saja, cobalah untuk mengotak-atik program dan belajar dulu secara otodidak, baik melalui buku, artikel, video, dan lain-lain, setidaknya kamu tahu dulu.

  1. Kreativitasmu nggak kalah dengan seniman

Siapa bilang yang harus kreatif hanya seniman? Anak informatika juga harus kreatif lho! Bukan hanya tentang koding dan bahasa pemrograman saja, karena di jurusan teknik informatika kita juga dituntut untuk bisa merancang sebuah program yang membutuhkan tampilan yang menarik dan mudah digunakan. Dengan memiliki kemampuan logika dan kreativitas yang keren, maka semakin banyak user yang menginginkan programmu

  1. Kerjasama team yang solid

Saat berada di jurusan, kemampuan dalam bersosialisasi dan menjalin koordinasi  kerja sama akan terlatih. Soft skill tersebut sangat dibutuhkan saat kamu bekerja di tempat profesional nantinya. Sebab suatu project IT akan dibagi kepada beberapa orang dalam satu tim. Nah untuk bisa menyelesaikan itu, kamu harus bisa mengetahui bagaimana karakter anggota tim dan komunikasi yang baik. Nantinya kalian bisa saling membantu dan mengisi kekurangan satu sama lain untuk menyelesaikan suatu project/kerjaan.

  1. Sifat pantang menyerahmu membuat siapapun terharu

Sebagai anak informatika kamu akan mengalami berbagai tantangan di masa depan, kamu mudah menyesuaikan diri tidak hanya saat keadaan baik, ketika keadaan menghimpitmu kamu tidak menerah di tengah jalan. Fokus pada penyelesaian masalah, bukan fokus meratapi masalah.

Well….. sesuatu yang indah memang tidak akan didapatkan secara instan dan mudah. Pasti ada suka duka dan pengorbanan untuk mendapatkannya. Kalau dari kelima poin di atas kamu kira-kira udah mengusai yang mana aja nih? Walau masih sedikit atau belum sama sekali, jangan putus asa dan terus semangat ya!

 

 

 

Switch to our mobile site