• Indonesia


Support +62-31-5922403 / 5926359  is offline
Berita & Agenda : Thursday, 15 March 2018 | 237 Views |

Kontes Robot Hidrolik dan Spaghetti Structure Challenge 2018

Kontes Robot Hidrolik dan Spaghetti Structure Challenge 2018

Teknik Sipil Universitas Widya Kartika (Uwika) Surabaya kembali menyelenggarakan kontes membuat Robot Hidrolik dan Spaghetti Structure Challenge tingkat Jawa Timur pada hari Selasa dan Rabu 27-28 Februari 2018. Acara ini adalah event tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Teknik Sipil UWIKA.

Di hari pertama diselenggarakannya kompetisi ini diikuti oleh siswa/siswi SD dan SMP dari berbagai daerah seperti Pasuruan, Jombang, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, dan Surabaya. Dan di hari kedua kompetisi diikuti oleh siswa/siswi SMP dan SMA sederajat se-Jawa Timur.

Dalam kontes robot hidrolik, anak – anak ditantang untuk merakit robot dari stik es krim, karet, gabus, dan bahan sederhana lainnya. Sementara untuk gerakan robot secara mekanis mengandalkan tekanan air dan suntikan, tanpa menggunakan listrik atau program komputer. Dibutuhkan kreatifitas mendesain robot agar mampu menyelesaikan tantangan, diantaranya membuat menata kubus, silinder serta bola ping pong yang disusun menjadi menara dalam waktu empat menit.

 

 DSC01891  DSC01879

 

Dalam Spaghetti Structure Challenge, para peserta harus menyusun menara sebaik mungkin dan sekokoh mungkin dalam waktu 1 jam dengan material spaghetti dan plastisin yang telah disediakan oleh panitia. Setelahnya, panitia akan menyeleksi seluruh peserta menjadi 10 terbaik dan kokoh untuk masuk ke dalam uji beban.

 

DSC_0428 DSC_0434

 

Aktivitas dalam tantangan Spaghetti Structure bertujuan melatih anak – anak agar mengetahui cara membuat struktur bangunan, bahwa pondasi merupakan bagian paling penting dalam membuat bangunan. Sedangkan Robot Hidrolik seperti ini bermanfaat untuk melatih logika berfikir serta mengenalkan pada anak – anak bahwa energi gerak tidak hanya dari listrik, tapi juga dari mekanik. Serta melatih anak – anak untuk meningkatkan kreatifitas dan semangat belajar sains.

Switch to our mobile site