PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UD. EKA JAYA DI SURABAYA

Melvin Pristyo

Abstract


Indonesia  sebagai  negara  yang  berkembang  sedang  melaksanakan pembangunan  di  segala  bidang,  diantaranya  bidang  ekonomi.  Dalam  rangka meningkatkan  pertumbuhan  ekonomi,  maka  diharapkan  banyak  perusahaan  yang mandiri dan mampu menciptakan produk yang berkualitas tinggi. Setiap perusahaan selalu  berusaha agar produk  yang  dihasilkan dapat  memenuhi  keinginan  konsumen, agar bisa memperoleh keuntungan atau hasil yang lebih dari apa yang  telah ditargetkan sehingga  dapat  mempertahankan  kelangsungan  hidup  perusahaan  dengan  cara  pengembangan jenis produk yang ada, memperbaiki kualitas produk dan menetapkan harga  yang  dapat  diterima  oleh  konsumen.  Penelitian  untuk  mengetahui  pengaruh Produk  dan  Harga  terhadap  Volume  Penjualan  pada  UD.  Eka  Jaya  di  Surabaya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama yang dilakukan dapat diketahui bahwa Produk dan  Harga  mempunyai pengaruh serempak dan signifikan terhadap Volume Penjualan diterima kebenarannya. Hal ini dibuktikan dengan uji signifikasi atau uji  F pengaruh  simultan    variabel  bebas  terhadap  variabel  terikatnya  adalah    signifikan karena  memiliki  nilai  F  hitung  sebesar  9.190    lebih  besar  dari tabel  sebesar  3.74.  Berdasarkan uji hipotesis secara parsial dapat diketahui bahwa hipotesis kedua yang diajukan,  Produk  mempunyai  pengaruh  paling    dominan    dan  signifikan  terhadap Volume  Penjualan    diterima  kebenarannya  kerana  pengaruhnya  lebih  besar  bila dibandingkan dengan pengaruh variabel Harga   yaitu sebesar 5.15%.

Kata Kunci : Marketing Mix


Full Text: PDF