Lomba Fotografi dan Sketsa Bingkai Arsitektur 3 : Perfect Shoot of Modern Building and Landscape

Tahun ini Program Studi Arsitektur Universitas Widya Kartika (UWIKA) mengadakan kembali kegiatan Bingkai Arsitektur untuk yang ketiga kalinya. Tema kegiatan lomba, workshop dan pameran tahun 2015 adalah : “Perfect Shoot of Modern Building and Landscape.” Pendaftaran untuk lomba mulai dibuka 10 April – 23 Mei 2015.

Tujuan kegiatan kali ini adalah menampilkan arsitektur modern termasuk diantaranya arsitektur bangunan dan landscape di Surabaya.

Secara berurutan rangkaian kegiatan akan tersusun sebagai berikut:

Workshop Fotografi dan Sketsa

Technical Meeting dan workshop Bingkai Arsitektur Perfect Shoot of Modern Building and Landscape diselenggarakan sebagai pembuka, sekaligus sebagai sarana sosialisasi rangkaian kegiatan yang akan diadakan selanjutnya. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 23 Mei 2015 bertempat di kampus Universitas Widya Kartika.

Materi yang akan diberikan pada acara workshop antara lain adalah:

  1. Deskripsi Kegiatan Bingkai Arsitektur Universitas Widya Kartika Surabaya
  2. Batasan Lomba: Modern Building and Landscape
  3. Tips dan Trik Fotografi Arsitektural
  4. Tips dan Trik Sketsa

Jadwal kegiatan lomba adalah berbeda untuk setiap jenis lomba:

1. Lomba Fotografi

Registrasi untuk lomba fotografi dilakukan sejak tanggal 10 April-23 Mei 2015. Peserta lomba terbuka untuk umum. Biaya registrasi sebesar Rp. 45.000,- mendapatkan fasilitas snack, format linen untuk pengumpulan karya, dan sertifikat.

Kegiatan lomba fotografi ini terbagi atas 2 (dua) kategori dan sudah ditentukan sendiri oleh peserta semenjak proses registrasi, yakni:

Kategori Non Pro, dengan kualifikasi menggunakan alat kamera HP dan digital pocket.

Kategori Profesional, dengan kualifikasi menggunakan alat kamera DSLR.

Hasil karya fotografi dicetak di atas kertas foto ukuran 5R (hasil asli, tanpa edit) dengan deskripsi foto 100-200 kata. Hasil cetak foto dan deskripsinya dipresentasikan pada kertas linen hitam ukuran A4 dengan layout sesuai format yang telah ditentukan. Semua hasil karya berikut file foto (soft copy) ditunggu pengumpulannya ke panitia sampai dengan tanggal 26 Mei 2015.

Seluruh hasil karya fotografi akan dipamerkan dalam acara pameran fotografi dan sketsa Bingkai Arsitektur 3: Perfect Shoot of Modern Building and Landscape pada tanggal 29-31 Mei 2015 di ITC Mega Grosir Surabaya (sebelah Carrefour Lt.2). Pemenang lomba fotografi akan diumumkan pada hari terakhir pameran.

2. Lomba Sketsa

Registrasi untuk lomba sketsa dilakukan sejak tanggal 10 April -23 Mei 2015. Peserta lomba terbuka untuk umum. Biaya registrasi sebesar Rp. 35.000,- mendapatkan fasilitas snack, dan sertifikat. Lomba sketsa dilaksanakan on the spot pada tanggal 24 Mei 2015 di Grand City Surabaya.

Obyek sketsa merupakan obyek yang berkaitan dengan Arsitektur dan Landscape Kota Surabaya (Modern Building and Landscape). Peserta boleh memilih sendiri objek mana yang ingin digambar sesuai dengan konteks „Modern Building and Landscape“. Waktu yang diberikan untuk tiap peserta max. 2 jam/gambar.

Seluruh hasil karya fotografi akan dipamerkan dalam acara pameran fotografi dan sketsa Bingkai Arsitektur 3: Perfect Shoot of Modern Building and Landscape pada tanggal 29-31 Mei 2015 di ITC Mega Grosir Surabaya (sebelah Carrefour Lt.2). Pemenang lomba sketsa akan diumumkan pada hari terakhir pameran.

Segala pertanyaan mengenai teknis pelaksanaan lomba dapat ditujukan ke Panitia Bingkai Arsitektur UWIKA melalui contact person: Jesita (082335020783/Pin BB 21645B78);  Nanda (08983831104/Pin BB 7CB40D27); atau Oscar (083854360186/Pin BB 2B011976).

Sekretariat Panitia Bingkai Arsitektur UWIKA,

Studio Arsitektur – Lt.5,

Kampus Universitas Widya Kartika

Jl. Sutorejo Prima Utara II/1

Surabaya 60113

 

Kuliah tamu Arsitektur Universitas Widya Kartika : Green Building Toward Sustainable Development

Kamis , 6 April 2015 lalu, Prodi Arsitektur Universitas Widya Kartika Surabaya (UWIKA) mengundang pakar bidang Arsitektur, Prof. Dr. –Ing. Ir. Gagoek Hardiman untuk menyampaikan kuliah tamu tentang Green Design for Tropical Architecture : GREEN BUILDING TOWARD SUSTAINABLE DEVELOPMENT.

Issue tentang green design, green building, sustainable design, termasuk eco-technology menjadi penting untuk mendukung sustainable development (pembangunan yang berkelanjutan). Prof. Gagoek Hardiman menyampaikan bahwa adanya green movement ini disebabkan oleh kondisi-kondisi yaitu: energy shortage (sumber energy yang terbatas), degradation of environmental quality (menurunnya kualitas lingkungan), dan limited natural resources (terbatasnya sumber daya alam).

Maka dari itu, arsitektur berperan penting dalam mewujudkan suatu pembangunan yang berkelanjutan, yang memperhatikan keberlanjutan pembangunan tidak hanya untuk generasi saat ini, tapi juga untuk generasi yang akan datang. Prinsip-prinsip arsitektur hijau diantaranya adalah: (1) Less energy consumption, (2) Less emission, (3) Less waste.